Anda Perokok ! Ketahuilah Apa Aja Penyakit Yang Cocok Untuk Anda

iPendidikan.com - Dalam Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam tahun 2006 menjelaskan bahwa beberapa macam penyakit yang timbul bagi perokok aktif & pasif. Berikut diantaranya penyakit perokok aktif adalah:

Penyakit gusi. 
Rokok yang belum di nyalakan saja sudah mengandung nikotin, karsiogenik, & toksin lainnya yang mampu menyebabkan diantaranya kanker mulut, & penyakit gusi. 

Kanker. 
Selain kanker mulut, merokok juga dapat menyebabkan kanker paru-paru, liver, pankreas, kandung kemih, dst....

Penyakit kardiovaakular. 
Merokok merupakan salah satu faktor resiko terkena penyakit kardiovaskular. Seorang perokok mudah untuk menderita aterosklerosis pembuluh darah besar dari pada yang bukan seorang perokok. Selain itu juga beresiko terkena serangan jantung, infark miokard, & Penyakit jantung koroner (PJK).

Penyakit paru obstruktif. 
Penyakit saluran pernafasan ini di sebabkan karena merokok. Jika seorang pemuda merokok antara 1 sampai 2 tahun lamanya maka akan terjadi perubahan inflamasi di jalur pernafasan kecil. Setelah merokok sampai 20 tahun, maka akan terjadi perubahan pada paru seiring dengan intensitas & durasi merokok  secara proporsional. 

Gangguan janin. 
Seorang perokok wanita yang sedang hamil maka ada beberapa komplikasi maternal selama kehamilannya, seperti abrupsio plasenta, plasenta previa, maupun ruptur prematur. Pada janin seorang ibu yang merokok akan lebih beresiko pada saat kelahirannya seperti ukuran janin lebih kecil, pertumbuhan terhambat, dsb....

Selain itu merokok juga bisa mengakibatkan batu empedu, keriput, katarak, osteoporosis, & lain sebagainya.



Sedangkan untuk para perokok pasif (tidak merokok tapi menghirup asap yang di keluarkan oleh perokok) akan lebih beresiko terkena kanker paru, penyakit arteri koroner serta penyakit lainnya. 

Bingung? Pilih penyakit yang mana...

Sebelum terlambat, sayangi diri & keluarga anda dengan berhenti merokok.

Setelah berhenti merokok selama lebih dari 6 bulan maka perubahan pada jalur pernafasan kecil akan kembali normal serta menurunkan resiko terkena serangan jantung.
Ayo...tunggu apa lagi !! Kalau tidak pernah mencoba takkan pernah mampu untuk dapat melakukannya.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada para perokok supaya dapat memilih penyakit dengan cepat & tepat.

Jika anda menemukan manfaat dalam artikel ini jangan lupa untuk berbagi kepada teman, saudara, keluarga, pacar, dll... karena ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dapat bermanfaat bagi orang lain.
Tetapi apabila anda menemukan kekurangan maafkanlah.
Terima kasih. Salam sehat, Tim iPendidikan.