Tiga Organ Penting Yang Saling Bekerjasama Dalam Terjadinya Menstruasi Pada Wanita

Perbidkes.com - Dear sejawat, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sebuah informasi yang mungkin ada beberapa kalian belum mengetahuinya.

Menstruasi terjadi setiap 28 hari sekali dari masa subur mulai dari haid yang pertama (menarche) sampai episode terakhir dari menstruasi (menopause) pada wanita.

Menstruasi melibatkan tiga organ penting wanita yang bekerja sama satu sama lain. 


Adapun tiga organ penting itu ialah :

1. Hipofisis Anterior.
Organ ini berperan untuk menghasilkan gonadotropin. Gonadotropin pada wanita di kenal dua macam, adalah LH (Luteinizing hormone) & FSH (Follicle stimulating hormone).

2.  Ovarium.
Organ ini berperan untuk tempat berkembangnya ovum. Ovum berkembang karena di pengaruhi oleh gonadotropin. Cuma satu ovum yang akan mencapai kematangan dengan sempurna.

3. Uterus.
Mukosa uterus (Endometrium) terdiri dua lapis, ialah stratum basale & stratum fungsionale. Jika tidak ada pembuahan maka progesteron akan terhenti. vaskululasi stratum fungsional akan berhenti dan lapisan tersebut akan mati serta runtuh, lalu keluar sebagai darah menstruasi.
Tiga organ itulah yang sangat penting dalam terjadinya menstruasi.

REFERENSI :
1. Bambang Setiyohadi dan nyoman gde suryadhana (editor). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jilid I. Edisi IV. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Jakarta, 2006.

Cukup sekian, semoga dapat menambah pengetahuan anda.
Terima kasih.

Salam sehat,
Tim Perbidkes.