Tukak Lambung (Gaster) - Pengertian Serta Penyebabnya.

iPendidikan.com - Dear Sejawat…Tukak gaster (lambung) merupakan penyakit yang tersebar di seluruh dunia. Di dalam masyarakat tukak lambung terkenal dengan sebutan sakit magg. 

Epitel gaster terdiri dari rugae yang mengandung gastric pits / lekukan berukuran mikroskopis.


Pada setiap rugae bercabang menjadi empat / lima kelenjar gaster dari sel-sel epitel khusus. Susunan kelenjar tergantung pada letak anatominya. 

Tukak lambung merupakan luka terbuka dengan pinggir edema disertai endurasi dengan dasar tukak ditutupi debris.

Sedangkan tukak lambung jinak adalah suatu gambaran bulat maupun oval yang berukuran lebih dari 5 mm kedalaman sub mukosal pada mukosa lambung disebabkan terputusnya integritas/kontinuetas mukosa lambung. 


Penyebab utama dari tukak gaster ialah kuman Helycobacter pylori (HP), disamping ob*t anti inflamasi non steroid (OAINS), juga penyebab yang jarang di temui ialah Sindroma Zollinger Ellison & penyakit Crohn duodenal. 
Artikel terkait : Penyebab gastritis.
Biasanya pada tukak gaster pasien mengeluh dyspepsia seperti nyeri pada ulu hati, rasa penuh  pada ulu hati, mual kadang juga disertai muntah, rasa seperti terbakar, serta cepat merasa kenyang dengan disertai sendawa. 

Antasida (dok,2015).

Keluhan pada pasien tukak lambung muncul setelah makan dan rasa sakit pada sebelah kiri sedangkan pada pasien tukak duodeni keluhan rasa sakit muncul saat pasien merasa lapar serta rasa sakit sebelah kanan garis tengah perut serta rasa sakit akan hilang setelah makan & minum obat antasida (Hunger pain Food Relief = HPFR).

Walaupun demikian rasa sakit saja tidak dapat menegakkan diagnosis tukak gaster karena pada pasien dyspepsia non tukak juga bisa menimbulkan keluhan yang sama. 

Pada pemeriksaan laboratorium tidak ada yang spesifik untuk penyakit tukak gaster maka agar tepat untuk menentukan diagnosis tukak gaster maka harus dilakukan pemeriksaan penunjang seperti  pemeriksaan radiologi serta endoskopi.

Sebaiknya untuk terapi tukak gaster dilakukan untuk menyingkirkan adanya keganasan pada lambung (kanker).

REF: 
1.   Gastroenterologi. Dalam : Tukak lambung. Pengarapen tarigan (ed). BAIPD. Edisi IV. Jilid I. FKUI. Jakarta, 2006. p 338-78.


Demikian artikel tentang pengertian serta penyebab tukak gaster. Terima kasih atas kunjungannya.
Salam sehat, Tim iPendidikan.

* Teman Sejawatku, jika bermanfaat tolong di share ya ^○^