10 Masalah Kesehatan Pada Remaja Yang Harus Di Ketahui

IPENDIDIKAN.com - Walaupun sebenarnya tidak jarang di masa kini sudah banyak para remaja yang menderita penyakit yang biasanya di derita oleh para lansia (lanjut usia), seperti diabetes (kencing manis), hipertensi (darah tinggi), dan lain sebagainya.  



Berikut 10 masalah kesehatan pada remaja, yaitu : 

  1. Obesitas (kegemukan). Biasanya disebabkan karena kebiasaan makan yang kurang baik dan juga kurangnya aktifitas fisik. 
  2. Defisiensi Besi. Biasanya terjadi pada remaja wanita. terutama pada wanita yang sedang haid dan kurangnya asupan zat besi. 
  3. Anoreksia (Nafsu makan berkurang). Biasanya terjadi pada remaja wanita dan berhubungan dengan gangguan psikologi seperti depresi, sukar berkomunikasi, menarik diri, kaku dan tidak gembira. 
  4. Bulimia Nervosa (gangguan makan). Gangguan makan ini di tandai oleh mengkonsumsi makanan yang banyak tetapi habis dalam waktu singkat dan diikuti tingkah laku menurunkan berat badan, seperti muntah, puasa yang berkepanjangan, gerak yang berlebih. 
  5. Akne Vulgaris. Penyakit kulit yang disebabkan oleh inflamasi kronik unit pilosebasea yang ditandai dengan pembentukan papula, komedo, nodul, pustula dan ada beberapa juga disertai jaringan parut, dengan predileksi di leher, wajah, lengan atas, punggung, dan dada. 
  6. Epilepsi. Terjadi karena maturasi susunan saraf pusat sehingga dapat menyebabkan perubahan serangan epilepsi. 
  7. Tuberkolosis. Sering disebabkan karena akibat dari daya tahan tubuh yang rendah. 
  8. PMS (Penyakit Menular Se***al). Biasanya terjadi pada remaja yang aktif secara se***al) karena tidak terkontrol pergaulannya. 
  9. Infeksi HIV. Disebabkan karena aktifitas se***al tidak menggunakan proteksi atau dengan banyak pasangan. 
  10. Merokok. Biasanya kebiasaan ini terjadi pada remaja laki - laki. Rasa ingin tahu untuk mencoba untuk menikmatinya mengakibatkan kecanduan, tetapi berdampak buruk bagi kesehatan seperti resiko infeksi saluran pernafasan, serangan asma, kanker paru, penyakit jantung koroner dan lain sebagainya. 
Agar masalah kesehatan pada remaja dapat di minimalkan maka perlu dilakukan pendidikan kesehatan seperti menanamkan sikap yang baik dan benar, menanamkan norma-norma hidup yang yang baik, penyebaran informasi mengenai bahaya penyakit pada remaja.

Artikel Rekomendasi:


Referensi: 


  1. Kesehatan remaja. Bambang setiyohadi (editor). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. jakarta, 2006.