Kencing Darah (Hematuria) ? Jangan-Jangan Terkena Penyakit Ginjal

Perbidkes.com : Dear Sejawat.... dalam dunia kedokteran pengertian dari hematuria adalah keadaan abnormal dengan ditemukannya sel darah merah dalam urin (air kencing).

Baik hematuria makroskopis ataupun hematuria mikroskopis, merupakan tanda-tanda yang cukup serius terhadap kelainan pada saluran kemih.

Pada artikel ini, akan di bahas tentang hematuria. Dikatakan hematuria jika pada pemeriksaan urin dengan menggunakan mikroskop di temukan sel darah merah 3 atau lebih per lapang pandang besar.

Gambar 1. Hematuria.

Hematuria persisten
Jika di temukannya sedimen urin misalnya sel darah merah, silinder, leukosit itu semua merupakan tanda penyakit atau terdapat kelainan glomerulus, tubulintertisial, dan urologi. Diagnosa banding hematuria persisten di antaranya glomerulonefritis, nefritis tubulointerstisial atau kelainan urologi.

Dalam keadaan normal, sel darah merah jarang di temukan di dalam urin.
Jadi jika pada urinalisis ditemukan eritrosit, leukosit dan silinder eritrosit, merupakan tanda sugestif penyakit ginjal akut atau gagal ginjal kronik, maka perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut.

Untuk itu jika anda mengalami kencing darah atau hematuria maka bersegeralah untuk di periksa lebih lanjut agar dapat mendapatkan penanganan lebih awal.


Baca juga : Hepatitis virus akut merupakan penyakit hati urutan pertama di seluruh dunia.
                     Lihat orang terbakar ? segera lakukan pertolongan ini.


REFERENSI :
1. Hematuria. Lestariningsih (editor). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Jakarta, 2006. p 517 - 121.


Demikian artikel singkat tentang hematuria, semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.
jika teman-teman berkenan berilah komentar di kolom yang disediakan agar kami dapat menjadikan web ini lebih baik.
Terima kasih dan sampai jumpa.



Best regards,
Tim Perbidkes.