Lihat Orang Terbakar - Segera Lakukan Pertolongan Ini

IPENDIDIKAN.com - Dear Sejawat..... sebagai tenaga medis kita tidak boleh menghindar ketika ada seseorang di sekitar kita membutuhkan pertolongan apalagi yang bersifat gawat darurat seperti pasien korban kebakaran.

Pada artikel ini, akan di bahas tentang cara penanganan pertama pada pasien korban kebakaran.
Diharapkan setelah membaca artikel ini teman-teman dapat memahaminya.

Api merupakan penyebab utama kebakaran (dok.2015).
Ketika seseorang sedang terbakar akan panik dan berlari untuk mencari air, padahal ini dapat memperbesar kobaran api karena tertiup oleh angin.

Maka dari itu bersegeralah untuk menghentikan (stop), lalu jatuhkan (drop), kemudian gulingkan (roll) pasien agar kobaran api segera padam. 

Tutup dengan segera menggunakan kain basah/karung basah untuk memadamkan kobaran apinya. 

Pakaian pasien yang terbakar serta meleleh seperta ikat pinggang juga perhiasan harus segera di lepaskan sebelum pembengkakan mulai terjadi. Karena pakaian / perhiasan hanya akan menahan panas sehingga dapat menyebabkan luka bakar semakin berlanjut hingga ke jaringan yang lebih dalam lagi. 

Perlu diketahui bahwa proses pendalaman ini hanya akan berlangsung selama 15 menit saja, jadi jika anda datang setelah 15 menit, maka usaha ini hanya akan sia-sia. 

Jangan bawa pasien korban kebakaran dengan luka bakar dalam keadaan terbuka karena dapat menyebabkan penguapan cairan tubuh yang terekspose udara luar juga dapat menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan). 

Jika pasien kesakitan berikanlah analgetik seperti antalgin, aspirin, asam mefenamat sampai penggunaan m0rf!n. 

Referensi:

1. Trauma thermal. Modul basic trauma cardiac life support. AGD Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Jakarta, 2012. p 100.