10 Cara Sehat Dengan Hidup Hemat

IPENDIDIKAN.com - Banyak orang yang menyesal ketika di masa muda & masa sehatnya hanya sehari-hari untuk menumpuk harta & kemudian menggunakan sisa umurnya hanya untuk mengeluarkan harta tersebut agar dapat memperoleh kesehatan, tetapi apa ?

Justru malah mengalami kesengsaraan & penyesalan. Lalu mereka berharap dapat kembali di masa muda, tetapi apa boleh buat masa tua sudah terlanjur menjemputnya,,,, dimana mereka mendambakan kesehatan, namun apalah daya, penyakit datang bertubi-tubi menyerang, setiap hari hanya bisa menyesal & menyesal....

10 Cara Sehat Dengan Hidup Hemat
Cara sehat dengan hidup hemat akan membantu kita untuk memperoleh harta dengan bekerja. (Perbidkes.com/2015)

Oleh karena itu, Tim Perbidkes mengajak teman sejawat semua supaya menjaga sehat sebelum sakit, karena kesehatan tidak dapat di beli dengan harta.

Berikut Sepuluh Cara Sehat dengan Hidup Hemat adalah:


1. Perbanyak makan serat.

Dengan mengkonsumsi serat maka akan membantu menurunkan kadar kolesterol serta jumlah kalori di dalam tubuh yang sudah terlanjur di konsumsi. Selain itu, serat juga mampu membantu sistem percernaan dalam tubuh. Misalnya mempermudah untuk buang air besar, mencegah konstipasi, dst...


2. Perbanyak minum air.

Mengkonsumsi air minum harus diperhatikan mineral & kandungannya karena 60% tubuh manusia berisi air. Dianjurkan untuk minum air 8 gelas (2 liter) perhari, dengan begitu air akan membantu menjaga tubuh tetap segar, sehat, bugar. Selain itu, air sangat membantu menjaga keseimbangan kadar air di dalam tubuh, serta air dipercaya dapat juga membantu menurunkan kalori & membantu kinerja ginjal untuk membuang & membersihkan toksin di dalam tubuh melalui urine.

3. Perbanyak olahraga.

Menurut US Dept of Health & Human Services, Physical Activity Guidelines for Americans tahun 2008 bahwa olahraga yang dianjurkan minimal 150 menit dalam seminggu agar dapat menjaga tubuh tetap sehat. Jika tidak mampu untuk berolahraga setiap hari selama 30 menit maka dianjurkan untuk berolahraga di akhir pekan, seperti jalan cepat, bersepeda, berenang, dsb.... yang dapat menjadi pilihan anda & keluarga.

Jika anda, tidak sempat berolahraga sama sekali karena kesibukan dikantor. Sempatkanlah 3 menit untuk berolahraga dikantor setiap harinya. Ingat ,, tubuh juga butuh istirahat !! misalnya dengan bekerja selama berjam-jam di depan komputer dapat membuat tubuh menjadi tegang terutama pada leher & bahu, bahkan dapat menyebabkan sakit pada tulang belakang.


4. Perbanyak makan sayur & buah.


Sayur & buah merupakan sumber makanan yang banyak mengandung serat, dengan menambah kadar serat di dalam tubuh, maka asupan gula yang sudah biasa dimakan dari kudapan lainnya, dapat berkurang karena tergantikan oleh sayur & buah yang di makan.

5. Hindari stress.

Stress dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik dari diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Selain itu, stress juga dapat disebabkan karena akibat dari tekanan batin misalnya kehilangan seseorang, menderita penyakit kritis, perceraian, putus cinta, kehilangan pekerjaan, serta dapat juga karena mendapatkan tekanan  di dalam pekerjaan baik dari atasan maupun kerja yang berlebihan yang terjadi setiap harinya.

7. Jauhi makanan ini.

Makanan yang dimaksud antara lain adalah:
Makanan yang mengandung pengawet, MSG (Monosodium glutamat) seperti pada buah, daging, ikan kaleng, sup kering, keripik yang mempunyai rasa, saos, serta makanan kaleng lainnya.
Makanan yang mengandung lemak diantaranya crackers, margarine, roti panggang, biskuit.
Makanan yang mengandung perasa & pewarna buatan seperti soft drinks, permen karet.

Ketika seseorang sedang stress kemudian ia mengkonsumsi makanan tersebut diatas maka hanya akan mempengaruhi tingkat stress pada dirinya. Oleh karena itu, sebaiknya hindarilah terutama ketika stress datang melanda.

7. Luangkan waktu 5 menit.

Dengan meluangkan waktu lima menit setiap harinya untuk melakukan pemanasan sebelum anda memulai aktivitas di pagi hari.
Walaupun pemanasan biasanya digunakan sebelum melakukan olahraga, tetapi tidak ada salahnya kan untuk mencobanya. Dengan begitu, selain dapat meningkatkan aliran darah tetap lancar, pemanasan juga dapat membantu anda agar selalu terjaga dari kemungkinan mengalami cidera karena beraktivitas.

8. Gunakan masa muda dengan hidup sehat.

Dengan menjaga masa muda anda dengan hidup sehat maka mudanya anda akan tetap sehat walupun beranjak ke masa tua.
Cara yang dapat dilakukan antara lain adalah:

  • Olahraga selama 15 menit setiap harinya dipercaya dapat membantu meningkatkan usia harapan hidup hingga 3 tahun, lumayankan?
  • Jogging selama 1 hingga 2,5 jam per tujuh hari (seminggu) dipercaya dapat meningkatkan usia sampai 6,2 untuk pria & 5,6 tahun untuk wanita.
  • Lari setengah jam lima hari dalam seminggu dipercaya dapat menambah usia sampai 3,5 hingga 3,7 tahun.
  • Naik tangga daripada memakai eskalator/lift dapat membantu mengurangi resiko meninggal pada usia muda sampai 15%. Dengan begitu akan harapan hidup anda menjadi lebih lama.

9. Bawa bekal dari rumah.

Dengan membawa bekal sendiri dari rumah selain lebih hemat dalam segi pengeluaran juga lebih terjamin kebersihannya dari pada jajan makan siang diluar rumah. Tentu, ini merupakan pilihan bijak. Selain itu, dapat memperhatikan makanan yang dimasak sendiri dirumah daripada memilih makanan diluar yang tidak terjamin kebersihannya.

10. Bawa botol minum.

Dengan menyediakan botol minum setiap hari dari rumah akan lebih baik dibandingkan harus boros membeli minuman, cukup dengan mengisi ulang isi botol di tempat kerja, maka rasa haus dahaga akan segera hilang. Dehidrasi juga dapat terhindarkan...
Ayoo... mulai dari sekarang !! Agar pengeluran dapat terkontrol.

Demikian sepuluh cara sehat dengan hidup hemat, semoga dapat memberikan semangat. Hanya dengan mengejar & menumpuk harta tanpa kesehatan takkan mampu untuk menambah usia, walaupun hanya sehari.

Artikel Rekomendasi: