Pengen Jadi Perawat ? Harus Tahu Hal Ini

Wahai saudara-ku, jika diantara kalian ada yang ingin menjadi perawat maka beritahukanlah syarat jadi perawat berikut ini:

1. Lulus SMA/MA.
Ingin jadi perawat, maka di anjurkan ketika SMA/MA untuk mengambil jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) agar dapat lebih mudah untuk mencerna mata kuliah keperawatan.

2. Tinggi badan minimal 155 cm (pria), 150 cm (wanita).
Bagi temen2 yang tinggi badannya tidak mencukupi mending tidak usah memaksakan diri untuk menjadi perawat, cari jalan yang lain misal menjadi guru, IT, dst..

3. Tidak buta warna.
Buta warna merupakan kelainan yang sejak lahir jadi lebih jelasnya apakah anda buta warna ataukah tidak, bisa cari di google tes buta warna. Sedangkan bagi temen2 yang minus (memakai kaca mata) jangan khawatir masih ada kesempatan untuk menjadi perawat karena hingga saat ini belum ada undang2 yang melarang perawat tidak boleh berkaca mata.

Apakah anda buta warna......cek sekarang juga.



Selanjutnya....


4. Tidak cacat fisik.

5. Mampu menempuh pendidikan hingga lulus minimal 3 tahun untuk ahli madya keperawatan (Amd.Kep).

6. Lulus uji kompetensi perawat & mendapatkan STR.

7. Memiliki biaya yang cukup karena kuliah keperawatan tidak murah.

8. Siap bekerja sift.

9. Siap digaji di bawah UMR.
Di Indonesia tidak semua rs, klinik, maupun puskesmas yang mampu memberi gaji sesuai UMR setempat, kebanyakan masih di bawah UMR.

10. Mampu dengan bekerja tim.

11. Beresiko tertular penyakit.
Setiap pekerjaan pasti memiliki resiko masing2, tetapi untuk seorang perawat memiliki resiko tertular penyakit baik dari pasien maupun lingkungan kerja.


Kami menyarankan jika anda ingin kuliah keperawatan !!
Pilihlah sekolah tinggi yang sudah terakreditasi minimal B baik di swasta maupun negeri, agar kelak untuk mencari kerja lebih mudah dari pada yang lulusan sekolah tinggi keperawatan terakreditasi C.