Penurunan Kesadaran dan Peningkatan Tekanan Intra Kranial (TIK)

Penurunan Kesadaran.

Penurunan kesadaran dapat disebabkan oleh cidera pada cerebral cortical bilateral/injury pada cidera daerah sistem yang mengendalikan aras/ascending reticularis system.

Penurunan dalam bentuk point GCS lebih dari satu (2/lebih) menunjukkan perlunya konsultasi bedah syaraf secara cepat. Perlu diingat ! Upaya ini untuk mencegah kerusakan otak sekunder.

Artikel Terkait:

Tanda Lateralisasi
Tanda lateralisasi disebabkan oleh adanya proses pada satu sisi otak, misalnya seperti perdarahan intrakanial.

Pupil.
Kedua pupil mata harus selalu diperiksa. Terkadang sama lebar (1 mm) serta reaksi sama cepat. Jika salah satu pupil mata lebih lebar (lebih & 1 mm), maka keadaan ini disebut sebagai anisokor.

Motorik.
Dilakukannya rangsang kedua lengan & tungkai. Jika salah satu lengan/& tungkai kurang maupun tidak bereaksi sama sekali, maka kondisi ini disebut sebagai adanya tanda lateralisasi.

Biasanya tanda laterisasi antara pupil yang lebar & hemiparese pada motorik yang berlawanan yaitu jika pupil yang lebar sebelah kiri maka tangan maupun kaki yang hemeperese adalah sebelah kanan.

Peningkatan Tekanan Intra Kranial (TIK).

Peningkatan TIK adalah tekanan yang dikeluarkan oleh kombinasi volume dari tiga komponen intra kranisl yaitu jaringan otak, cairan serebrospinal (CSS), & darah. Jadi, apabila terdapat perubahan jumlah yang melebihi ambang batas dari tiga komponen tersebut maka akan terjadilah peningkatan intra kranial.
Nilai normal hasil pengukuran TIK berkisar antara 0 & 15 mmHg.

Artikel Terkait:

Peningkatan TIK diperoleh dari peningkatan volume intrakranial seperti dari massa (misal hematom) maupun edema serta mungkin akibat dari macam2 cedera kepala.

Peningkatan TIK dapat disebabkan karena otak membengkak (edema serebri) maupun karena adanya perdarahan di dalam otak (intrakranial bleeding).

Tanda-tanda peninglatan TIK yaitu:
  • Pusing.
  • Muntah.
  • Bradikardia (nadi melambat).
  • Tekanan darah sistolik meningkat.

Penurunan Kesadaran dan Peningkatan Tekanan Intra Kranial (TIK)

Tanda2 peningkatan TIK memang tidak mudah untuk dikenali akan tetapi jika ditemui harus sangat diwaspadai.

Peningkatan TIK merupakan komplikasi serius yang dapat menyebabkan turunnya batang otak dengan gagal pernafasan & gagal jantung serta diakhiri dengan kematian. Kondisi ini dimulai dengan gangguan tingkat kesadaran, koma, tekanan darah tinggi, nadi melambat, & berakhir kematian.

Referensi:

  1. Tim Pengajar BTCLS. 2012. Modul Basic Trauma Cardiac Life Support. Jakarta: AGD Dinkes Prov. DKI. Jakarta.